DPRD Provinsi Gorontalo

KOMISI II MONITORING IZIN GALIAN C DI KABILA BONE

Humas Deprov – Banyaknya laporan terkait perizinan galian C di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) mengharuskan Komisi II DPRD Prov. Gorontalo melakukan verifikasi di lapangan.

Hal ini disampaikan oleh ketua Komisi II, Hj. Espin Tulie saat melakukan kunjungan lapangan terkait izin galian C di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Dutohe dan Suwawa Selatan.

“Sebagai mitra, dari energi sumber daya mineral dan juga lingkungan hidup kehutanan. Maka Komisi II perlu untuk memverifikasi langsung atas laporan dari masyarakat,” ucap Espin Tulie. Jumat, (16/07/2021).

Ditambahkan pula bahwa pihaknya tentu merasa terpanggil untuk melakukan pemeriksaan, apakah izin atau pemberian lokasi maupun area yang menjadi zona untuk galian C, sudah sesuai dengan izin dan prosedur atau tidak.

“Kami melihat memang pemberian izin bagi mereka ada yang sampai 2023 dan ada juga yang sampai 2024. Sebab, izin yang diberikan itu setiap lima tahun,” kata Espin Tulie.

Kami sangat berharap, dengan berakhirnya izin ini, maka zona atau area inti yang menjadi wilayah pertambangan. Khususnya pertambangan pasir dan batu harus dikembalikan lagi kepada zona awal.

Pewarta : Yani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *