DPRD Provinsi Gorontalo

KOMISI I MONITORING KAMPUNG TANGGUH DI DESA MONANO

Humas Deprov – Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo melakukan kegiatan monitoring pelaksanaan program Kampung Tangguh dengan mengunjungi Desa Monano Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (3/4/2021).

Kegiatan ini dipimpin langsung Koordinator Komisi I yang juga Wakil Ketua DPRD, Awaludin Pauweni di dampingi Ketua Komisi I, AW Thalib juga sejumlah aleg. Rombongan diterima langsung Sekretaris Desa Monano, Sri Yonang Botutihe di dampingi sejumlah staf.

Ketua Komisi I AW Thalib dalam keterangannya menyampaikan tujuan dari monitoring komisi I ingin melihat secara dekat pelaksanaan program kampung tsngguh yang telah dicanangkan oleh Bupati Bone Bolango beberapa waktu lalu.

“Kami ingin memantau langsung penerapan kampung tangguh terutama aktifitas dan kegiatan masyarakat dengan selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan (Prokes) yakni selalu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” Ungkapnya.

Pada intinya tujuan dari pelaksanaan program kampung atau desa tangguh agar segala aktifitas masyarakat berjalan sesuai ketentuan pemerintah di masa pandemi covid-19.

“Alhamdulillah dari pengamatan kami di lapangan serta mendengar penjelasan dari pihak aparat desa, masyarakat sudah mulai terbiasa disiplin Prokes dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari dan pada kegiatan-kegiatan tertentu,” sambungnya.

AW Thalib berharap kebiasaan masyarakat yang sudah disiplin bisa terus terjaga bahkan meningkat sehingga desa tersebut menjadi kampung yang tangguh dari wabah Corona.

“Kami juga meminta peran dari aparat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk setiap saat dan rutin tetap melakukan pengawasan dan monitoring agar masyarakat makin patuh dengan ketentuan dalam Prokes sehingga situasi terus berjalan di bulan ramadhan dan seterusnya sampai pandemi ini berakhir,” tandasnya.

Sementara itu Sekdes Monano Sri Yonang Botutihe menambahkan, semenjak kampung tangguh dicanangkan, tingkat disiplin masyarakat dari waktu ke waktu terus meningkat. Warga mulai terbiasa untuk taat Prokes baik dalam aktifitas sehari-hari maupun pada kegiatan lainnya.

“Alhamdulillah masyarakat sudah disiplin Prokes, mereka selalu memakai masker setiap keluar rumah, cuci tangan dan jaga jarak termasuk juga pada kegiatan lainnya seperti pesta,” Katanya.

Peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga sangat membantu tugas aparat desa, terutama mengawasi masyarakat yang berasal dari luar desa.

Sri Yonang turut menginformasikan pelaksanaan vaksinasi covid-19 di desa monano mulai dari aparat desa sampai masyarakat.

“Kami aparat desa tinggal menunggu vaksin yang kedua, dan untuk masyarakat tinggal menunggu jadwal karena datanya sudah kami masukkan untuk kegiatan vaksinasi di Puskemas Bone,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Koordinator Komisi I Awaludin Pauweni bersama AW Thalib menyerahkan bantuan masker kepada Sekdes untuk dibagikan kepada masyarakat.

Pewarta : Hengki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *