DPRD Provinsi Gorontalo

SETWAN SOSIALISASIKAN P2L

Humas Deprov – Jajaran Sekretariat DPRD melaksanakan sosialisasi Program Peningkatan Pekarangan Pangan Lestari bertempat di Aula Kantor Desa Huidu Kec. Limboto Barat Kab. Gorontalo yang merupakan desa binaan Sekretariat DPRD (Kamis, 11/6/20).

Sekretaris DPRD Drs. Mitran Tuna dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari proram Peningkatan Pekarangan Pangan  Lestari pertama adanya penganekaragaman konsumsi masyarakat yang sebelumnya hanya terfokus pada beras bisa memilih alternativ lainnya seperti sayur – sayuran; kedua, masyarakat diharapkan bisa memproduksi pangan sendiri dan juga bisa diperdagangkan.

Menurut Ibu Reini Nento, ST, MM dalam hal ini mewakili Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo bahwa Program ini sebelumnya Program
Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan pada tahun 2019 berganti nama menjadi Program Peningkatan Pekarangan Pangan  Lestari (P2L). Adapan tahapan dari program yaitu tahun pertama pertumbuhan, tahun kedua pengembangan dan pada tahun ketiga mandiri.

Semua program pemerintah dari pusat sampai desa bermuara pada goyong royong masyarakat. Pada tahun 2008 mayoritas masyarakat di Desa Huidu ini memanfaatkan pekarangan. Tetapi dengan berjalannya waktu kegiatan tersebut mulai hilang,” ujar Drs. Muchtar Mohune.

Lebih lanjut Kepala Desa mengatakan Mudah – mudahan dengan program dari Pemerintah Provinsi akam menggiatkan kembali kegiatan masyarakat untuk menanam tanaman pangan dipekarangan. Masyarakat secara berkelompok bisa mengajukan nama kelompok untuk diakomodir pada perencanaan anggaran tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *