DPRD Provinsi Gorontalo

Deprov akan bersinergi dengan Eksekutif Mewujudkan UMKM yang Unggul.

Humas Deprov – Demi meningkatkan kualitas dan menciptakan UMKM yang unggul, Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo melaksanakan Kunjungan Kerja ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Utara. Kunjungan Kerja yang dipimpin oleh Ketua Komisi Hj Espin Tulie.
Hal ini merupakan rangkaian Studi Komparasi terkait Upaya Menciptakan UMKM Kreatif Unggulan.

Ketua Komisi II mengemukakan bahwa pelaku UMKM memiliki peran strategis dalam pembangunan dan peningkatan perekonomian di daerah. Oleh karena itu perlu didorong untuk dapat meningkat dari mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah dan seterusnya.

” Di Provinsi Gorontalo sangat banyak UMKM sehingga perlu di dorong untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam hal mengelola usahanya,” ungkap Espin.

Espin Tulie menyampaikan pula bahwa terinformasi UMKM di Provinsi Sulawesi Utara terus dikembangkan menjadi UMKM yang kreatif dan unggul dalam menghasilkan produk-produk yang sudah berkualitas eksport.

Oleh karena itu tujuan studi komparasi yang dilakukan ini untuk memperoleh gambaran kiat-kiat apa yang dilakukan oleh Pemerintah Sulut khususnya Dinas Koperasi dan UKM dalam menciptakan UMKM kreatif yang mampu menciptakan produk-produk unggulan.

Kepala Bidang Pengembangan SDM Dinas Koperasi dan UKM Sulut mengungkapkan bahwa terkait UMKM, pihaknya terus berusaha menfasilitasi pemgembangan UMKM sehingga sektor usaha tersebut dapat meningkat pertumbuhan ekonomi. Dikemukakan pula bahwa pihaknya berpendapat bahwa banyak potensi-potensi yang ada di Sulut yang dapat diolah menjadi produk-produk unggulan yang bisa laris di pasaran.

Keberhasilan UMKM di Sulawesi Utara selain mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah, akan tetapi hal itu tak lepas dari keseriusan pelaku UMKM yang selalu berusaha mengembangkan produktifitasnya dan mengembangkan sistim pemasaran secara on line.

Saat ini sudah ada aplikasi Tole (Toko Ole-Ole) yang dapat dengan mudah diakses oleh semua orang. Diharapkan aplikasi Tols tersebut dapat digunakan oleh pelaky UMKM untuk membuka akses pemasaran ke mana-mana.

Komisi II sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Sulut dalam mengembangkan UMKM. Meskipun dengan alokasi anggaran yang terbatas, pihak Dinas Koperasi dan UKM tetap berupaya optimal untuk melakukan pendampingan dan terus melakykan pembinaan terhadap pelaku UMKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *