DPRD Provinsi Gorontalo

LAYANAN LANSIA AGAR LEBIH PRODUKTIF

Rapat Pansus Ranperda Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia yang di Pimpin oleh Thomas Mopili beserta Anggota Pansus lainnya serta beberapa Dinas terkait dan Tim NA membahas Ranperda Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia bertempat di Ruang Inogaluma DPRD Provinsi Gorontalo, selasa (22/19)  

Anggota Pansus Irwan Berahim mengatakan, jumlah lansia yang dibina/mendapat pelayanan yang berada di Provinsi Gorontalo, untuk umur 45 – 59 sebanyak 84.532, umur 60 – 69 sejumlah 48.032 dan umur lebih dari 70 tahun keatas berjumlah 24.214, Pelayanan lanjut usia terebut dilakukan melalui program PKM santun atau Puskesmas yang ada di Kabupaten/Kota dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi usia lanjut.

Ketua Pansus, Thomas Mopili menambahkan ada beberapa  langkah penting untuk memperkuat layanan lansia agar lebih produktif. yaitu membangun keluarga harus sadar akan kesehatan lansia secara utuh. Kesadaran keluarga cukup penting terutama dalam mendeteksi kerentanan lansia. Masyarakat diharapkan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada lansia antara lain dengan memberi kesempatan kerja sesuai kemampuan dan menyediakan ruang-ruang publik untuk mengekspresikan diri para lansia. Sarana layanan dukungan bagi lansia seperti sarana peribadatan, layanan dukungan mental, dan spiritual penting disiapkan, “Ungkap Thomas”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *