DPRD Provinsi Gorontalo

REHABILITASI HUTAN DAN LAHAN BERTUJUAN MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT

Pertemuan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo bersama Masyarakat di Desa Dulamayo Utara Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Pertemuan tersebut di Pimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Kepala Balai BAPPEDAS  Provinsi Gorontalo, Pemerintah Desa Dulamayo Utara serta Masyarakat yang ada di Desa Dulamayo Utara.

\

Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, DR. Drs. Paris RA Jusuf, S.Sos.I, M.Si mengungkapkan, Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) adalah program nasional, di dulamayo Utara ada kurang lebih 800 hektar, dan lokasi penanaman ada dalam lokasi dalam hutan, Program ini diprioritaskan untuk tanaman buah buahan 70 % dan 30 % kayu, tentunya harus mengurusi izin pengelolaan selama 35 tahun dan tidak menjadi hak kepemilikan, dan akan setiap 35 tahun diperpanjang dan bisa di wariskan pada pengelolaan keluarga selanjutnya. Tanaman aren, jambu mente, rambutan, apabila berbuah akan dinikmati oleh masyarakat. Harapan program ini bahwa, Desa dulamayo akan menjadi suatu file Projet mewakili Damato CS. Kegiatan ini intinya untuk mensejahterakan masyarakat dan bukan untuk mengambil alih lahan masyarakat.

Paris Jusuf berharap mari kita menjaga kawasan hutan, sebab posisi Desa dulamayo berada di atas bukit, sehingga menjadi terkemuka dalam menjaga hutan. Program RHL ini memperbaiki kondisi dengan menanam kayu dan buah buahan, dan juga akan dilanjutkan dengan pola perhutanan sosial menjadi Hutan Desa. Sudah 17 ribu kawasan hutan yang sudah di berikan izin kelola ke masyarakat se Provinsi Gorontalo, sehingga aspek legalitas sudah dapat di manfaatkan. Dengan target 40 ribu di Gorontalo kedepan untuk lebih berkesinambungan.

Percepatan izin perhutanan sosial ini, melalui kepala BPDAS dan dinas lingkungan hidup dan kehutanan segera menerbitkan izin sehingga akan berdampak pada percepatan izin pembangunan jalan akses pertanian, “pinta Ketua Deprov”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *