DPRD Provinsi Gorontalo

DPRD OPTIMALKAN PERAN DAN FUNGSI MENGAWAL AMANAH MASYARAKAT

Humas Deprov – Rapat paripurna dalam rangka pengucapan sumpah/janji Pimpinan DPRD Provinsi Gorontalo masa jabatan tahun 2019-2024  dilaksaakan di ruang rapat paripurna dipimpin oleh Paris Jusuf

Humas Deprov – Rapat paripurna dalam rangka pengucapan sumpah/janji Pimpinan DPRD Provinsi Gorontalo masa jabatan tahun 2019-2024  dilaksaakan di ruang rapat paripurna dipimpin oleh Paris Jusuf

Rapat paripurna ini dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para Bupati/Walikota di Provinsi Gorontalo.

Rapat diawali dengan pembacaan keputusan Menteri Dalam Negeri tentang peresmian pengangkatan Pimpinan DPRD Provinsi Gorontalo oleh Sekretaris DPRD, Sul A Moito.

Yang dilantik adalah Ketua Dr Paris Jusuf, dengan para Wakil Ketua M Kris Wartabone, Sofyan Puhi, Awaludin Pauweni.

Pengucapan sumpah pimpinan DPRD dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Gorontalo, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pengucapan Sumpah Pimpinan DPRD.

“Saya mengajak kepada kita sekalian untuk memanjatkan puji syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT, pengucapan sumpah pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024 hari ini  dapat terlaksana dengan  lancar, sukses dan khidmad,” kata Paris Jusuf.

Paris Jusuf  berharap semoga momentum ini bisa menjadi awal yang baik bagi upaya optimalisasi peran dan fungsi DPRD dalam mengawal amanah dan aspirasi  masyarakat.

Ia menjelaskan, peristiwa ini merupakan momentum yang istimewa karena secara formal dan konstitusional telah resmi dan sah menjadi pimpinan di lembaga yang terhormat ini. Ia menganggap pelantikan ini merupakan kepercayaan dan kehormatan memimpin DPRD selama lima tahun ke depan.

“Kami menyadari bahwa momentum  ini sesungguhnya mengandung tantangan dan amanah yang sangat berat, karena peran dan fungsi yang akan kami emban sesungguhnya mengandung resiko conflict interest yang suka atau tidak suka dan mau tidak mau akan kami hadapi,” ujar Paris Jusuf.

Pimpinan maupun anggota DPRD ini dituntut untuk mampu mengelola baik fungsi dan peran sebagai pengemban aspirasi rakyat dan sekaligus sebagai mitra strategis pemerintah daerah Provinsi Gorontalo.

DPRD saat ini dihadapkan untuk memilih prioritas keputusan yang bisa mewadahi seluruh kepentingan stakeholder, mendahulukan kepentingan masyarakat yang lebih utama atau mengamankan kebijakan Pemerintah Daerah.

Menyadari kondisi tersebut, yang terpenting bagi DPRD adalah mampu memposisikan diri secara adil, berimbang dan proporsional dalam melaksanakan fungsi dan peran tersebut untuk sebesar-besarnya kepentingan bersama, baik kepentingan rakyat yang kami wakili maupun kepentingan kebijakan pemerintah daerah.

“DPRD harus mendorong pembangunan daerah agar berpihak pada kepentingan rakyat. Doa dan harapan kami semoga Allah SWT meridhoi dan selalu membimbing kami dalam melakukan ikhtiar dan komitmen serta senantiasa mendapatkan dukungan seluruh masyarakat Gorontalo dan juga mendapatkan support dari pemerintah daerah sebagai mitra kerja DPRD,” jelas Paris Jusuf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *